CONTOH FORMAT (FORM) SUPERVISI KEPALA SEKOLAH UNTUK DIGUNAKAN PENGISIAN HTTP://SUPERVISI.LPMPBANTEN.ID/

 Contoh Format (Form) Supervisi Kepala Sekolah Untuk Digunakan Pengisian http://supervisi.lpmpbanten.id/.

Contoh Format (Form) Supervisi Kepala Sekolah Untuk Digunakan Pengisian http://supervisi.lpmpbanten.id/. Salah satu kegiatan supervisi yang dilaksanakan kepala sekolah ada Supervisi akademik. Adapun yang dimaksud Supervisi akademik adalah serangkaian kegiatan membantu guru mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran (Daresh, 1989, Glickman, et al; 2007).

Supervisi akademik tidak terlepas dari penilaian kinerja guru dalam mengelola pembelajaran. Sergiovanni (1987) menegaskan bahwa refleksi praktis penilaian kinerja guru dalam supervisi akademik adalah melihat kondisi nyata kinerja guru untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan, misalnya:Apa yang sebenarnya terjadi di dalam kelas? Apa yang sebenarnya dilakukan oleh guru dan peserta didik di dalam kelas? Aktivitas-aktivitas mana dari keseluruhan aktivitas di dalam kelas itu yang bermakna bagi guru dan peserta didik?Apa yang telah dilakukan oleh guru dalam mencapai tujuan akademik? Apa kelebihan dan kekurangan guru dan bagaimana cara mengembangkannya? Berdasarkan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan ini akan diperoleh informasi mengenai kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Namun satu hal yang perlu ditegaskan di sini, bahwa setelah melakukan penilaian kinerja bukan berarti selesailah pelaksanaan supervisi akademik, melainkan harus dilanjutkan dengan tindak lanjutnya berupa pembuatan program tindak lanjut.

Supervisi akademik memiliki beberapa tujuan. Salah satu tujuannya adalah membantu guru mengembangkan kompetensinya, mengembangkan kurikulum, mengembangkan kelompok kerja guru, dan membimbing penelitian tindakan kelas (PTK) (Glickman, et al; 2007, Sergiovanni, 1987). elain itu, supervisi akademik memiliki fungsi mendasar (essential function) dalam keseluruhan program sekolah (Weingartner, 1973; Alfonso dkk.,
1981; dan Glickman, et al; 2007), karena hasil supervisi akademik dapat berfungsi sebagai sumber informasi bagi pengembangan profesionalisme guru.

Tugas kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi akademik meliputi: menyusun program supervisi yang dimulai dari merencanakan, melaksanakan, dan melaporkan hasil supervisi akademik. Agar kepala sekolah dapat melaksanakan kegiatan supervisi, maka kepala sekolah harus memiliki kompetensi membuat program supervisi akademik. Perencanaan program supervisi akademik adalah penyusunan dokumen perencanaan.

Program supervisi disusun dengan memperhatikan ketentuan tentang pelaksanaan pengawasan dan supervisi yang diatur dalam Permendikbud No. 65 tahun 2013 tentang standar proses yaitu: Pengawasan proses pembelajaran dilakukan melalui kegiatan pemantauan, supervisi, evaluasi, pelaporan, serta tindak lanjut secara berkala dan berkelanjutan. Pengawasan proses pembelajaran dilakukan oleh kepala satuan pendidikan dan pengawas.

1. Prinsip Pengawasan
Pengawasan dilakukan dengan prinsip objektif dan transparan guna peningkatan mutu secara berkelanjutan dan menetapkan peringkat akreditasi.

2. Sistem dan Entitas Pengawasan
Sistem pengawasan internal dilakukan oleh kepala sekolah, pengawas, dinas pendidikan dan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan.
a. Kepala Sekolah, dan Pengawas melakukan pengawasan dalam rangka peningkatan mutu.
b. Kepala Sekolah dan Pengawas melakukan pengawasan dalam bentuk supervisi akademik dan supervisi manajerial.

3. Proses Pengawasan
a. Pemantauan
Pemantauan proses pembelajaran dilakukan pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran. Pemantauan dilakukan melalui antara lain, diskusi kelompok terfokus, pengamatan, pencatatan, perekaman, wawancara, dan dokumentasi.
b. Supervisi
Supervisi proses pembelajaran dilakukan pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran yang dilakukan melalui antara lain, pemberian contoh, diskusi, konsultasi, atau pelatihan.
c. Pelaporan
Hasil kegiatan pemantauan, supervisi, dan evaluasi proses pembelajaran disusun dalam bentuk laporan untuk kepentingan tindak lanjut pengembangan keprofesionalan pendidik secara berkelanjutan.
d. TindakLanjut
Tindak lanjut hasil pengawasan dilakukan dalam bentuk:
1) penguatan dan penghargaan kepada guru yang menunjukkan kinerja yang memenuhi atau melampaui standar, dan
2) pemberian kesempatan kepada guru untuk mengikuti program pengembangan keprofesionalan berkelanjutan.

4. Manfaat perencanaan program supervisi akademik adalah sebagai berikut:
a. Sebagai pedoman pelaksanaan dan supervisi akademik.
b. Penjamin efektifitas kerja kepala sekolah dalam melaksankan tugas supervisi pembelajaran.

5. Prinsip-Prinsip Perencanaan Program Supervisi Akademik
Prinsip-prinsip perencanaan program supervisi akademik adalah:
a. objektif (data apa adanya),
b. bertanggung jawab,
c. berkelanjutan,
d. didasarkan pada peraturan yang berlaku
e. didasarkan pada kebutuhan dan kondisi sekolah/madrasah.

Salah satu bagian yang harus ada di dalam Program supervisi kepala sekolah adalah Contoh Format (Form) Supervisi Kepala Sekolah. Sebagaimana diketahui LPMP Banten telah merilis aplikasi supervisi online. Khusus  para kepala sekolah di wilayah Banten, pada kesempatan ini adamin akan berbagi Contoh Format (Form) Supervisi Kepala Sekolah Untuk Digunakan Pengisian http://supervisi.lpmpbanten.id/. Format (Form) Supervisi Kepala Sekolah juga disertai dengan rubik atau panduan penilaiannya.


Berikut ini Contoh Format (Form) Supervisi Kepala Sekolah Untuk Digunakan Pengisian http://supervisi.lpmpbanten.id/.

Download Format (Form) 1 Supervisi Administrasi
Download Rubik Format (Form) 1 Supervisi Administrasi

Download Format (Form) 2 Supervisi RPP
Download Rubik Format (Form) 2 Supervisi RPP

Download Format (Form) 3 Supervisi Pembelajaran
Download Rubik Format (Form) 3 Supervisi Proses Pembelajaran

Download Format (Form) 4 Supervisi Penilaian
Download Rubik Format (Form) 4 Supervisi Penilaian

Demikian informasi tentang Contoh Format (Form) Supervisi Kepala Sekolah Untuk Digunakan Pengisian http://supervisi.lpmpbanten.id/. Semoga ada manfaatnya, terutama dalam mengisi Aplikasi Supervisi Online LPMP Banten, terima kasih.










Tidak ada komentar

Gambar tema oleh ainamulyana. Diberdayakan oleh Blogger.